Ascendance of A Bookworm Vol 16 Keajaiban Haldenzel

LINK DONASI;  
https://trakteer.id/mahaeswara
SALAM MAHAESWARA

Aku menatap tanahku sebagai giebe; di hadapank adalah gambaran nyata dari musim panas Haldenzel yang baru. Permukaan berbatu terhampar ke langit, bunga-bunga bermekaran dalam berbagai warna, dan pohon-pohon pendek bergerombol. Itu jauh dari bagaimana provinsi ini biasanya terlihat di tengah musim semi.

Jadi seperti inilah musim semi di Haldenzel sebenarnya, diperoleh melalui Doa Musim Semi yang tepat…

Setelah mendengar lagu kami dalam merayakan kedatangan musim semi dan awal perburuan, Lady Rozemyne telah mencatat kehadirannya di Alkitab Uskup Agung sebagai permintaan untuk mencairkan salju dan kedatangan Dewi Air. Aku mendorong para wanita untuk bernyanyi bersama, murni demi hiburan, dan perubahan sederhana ini menyebabkan lingkaran sihir muncul di panggung Doa Musim Semi. Dan lagi-lagi, Lady Rozemyne sendiri yang menjaga tangannya di atas panggung dan mengucapkan doa dan rasa syukur sepanjang waktu, jadi mungkin dia adalah penyebab sebenarnya dari semua kejadian itu.

Lingkaran sihir telah naik ke udara sebelum tersedot ke dalam cawan, membentuk pilar besar lampu hijau. Sesaat kemudian, wanita laynoble di atas panggung berguguran dan Doa Musim Semi jatuh ke dalam kekacauan. Para elit provinsi berkumpul untuk membahas apa yang terjadi, tetapi karena mereka belum pernah melihat lingkaran sihir itu, mustahil menentukan efek apa yang mungkin ditimbulkannya. Pertemuan dadakan mereka berakhir ketika para wanita pulih, dan setelah malam badai petir yang hebat, Haldenzel terbangun dengan mendapati bahwa provinsi yang awalnya tertutup salju itu sehijau hari-hari awal musim panas.

Salju tidak terlihat… Para feybeast kemungkinan besar akan aktif sekarang.

Aku menaiki highbeast dan terbang, menatap semak-semak dan batu-batu besar tempat feybeast biasanya membuat sarang. Aku bersyukur pencairan salju datang lebih awal, tetapi cuacanya terlalu berbeda dari biasanya; kami perlu mengumpulkan informasi tentang seberapa jauh efek Doa Musim Semi, serta seberapa cepat itu mempercepat perkembangbiakan dan pertumbuhan feybeast musim panas. Meskipun kami biasanya mencari bantuan dari rakyat jelata yang ahli dalam berburu, tidak ada waktu. Kami membutuhkan ksatria dengan highbeast sebanyak mungkin.

Ksatria kami saja tidak akan cukup…

Untungnya, Knight Order menemani keluarga archduke ke Haldenzel. Aku meminta bantuan Lord Karstedt, komandan ksatria dan suami adikku. Tampaknya pertukaran yang fair, karena tidak dapat dihindari bahwa archduke dan giebes sekitarnya akan bertanya padanya tentang insiden ini, dan aku yakin Knight Order akan menghargai kesempatan untuk melakukan penyelidikan di provinsi, yang biasanya tertutup dan tahan terhadap pengaruh luar. Melemahkan Lord of Winter dengan mengurangi jumlah feybeast juga sudah menjadi tugas mereka.

“Aku ingin menyelidiki area sekitar gerbang perbatasan ke Klassenberg dengan Knight Order, sementara pada saat yang sama berburu feybeast,” kataku. “Event di sini tidak diragukan lagi akan dibahas di Konferensi Archduke, untuk alasan bisnis, jadi aku yakin aub akan menganggapnya menarik.”

Lord Karstedt dengan mudah menerima permintaan itu, jadi kami membagi pekerjaan di antara kami sendiri. Kami tidak ingin Ordo menjarah bahan-bahan berharga provinsi kami dan membuat masalah dengan rakyat jelata, jadi mereka dan aku pergi ke utara, di mana lebih sedikit orang tinggal. Ksatria kami sendiri akan pergi ke selatan.

“Kieferdeckes!”

Salju telah benar-benar mencair bahkan di dekat gerbang perbatasan paling utara, dan highbeast di dekatnya mulai bergerak. Aku berteriak dan menyiapkan busurku, sementara Lord Karstedt segera melengkapi senjata yang sesuai dan mulai meneriakkan perintah.

“Menyebar! Jangan sampai ada yang lolos!”

Kieferdecke tidak terlalu kuat, tapi mereka hidup berkelompok dan akan menyebar saat melihat pemangsa. Mereka bertelur dari akhir musim semi hingga akhir musim panas, dan mengingat kerusakan yang sering mereka lakukan pada tanaman, berburu mereka sekarang akan membuat musim gugur lebih mudah bagi kami.

Saat kami melanjutkan perburuan, perbatasan antara Haldenzel dan Klassenberg mulai terlihat. Dalam keadaan normal, seseorang tidak dapat mengidentifikasi penghalang kadipaten tanpa menyentuhnya, akan tetapi sekarang keberadaannya sangat jelas. Sisi Klassenberg terkubur di bawah salju tebal, sementara sisi kami hijau subur.

“Jadi ini adalah kekuatan Verdrenna sang Dewi Petir…” kataku, tidak dapat menahan rasa kagumku, menelan ludah saat merasakan kekuatan yang mustahil yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Aku sudah sering mengucapkan nama-nama dewa saat melakukan sihir skala besar, tapi efek dari mantra itu tidak pernah memberiku perasaan keagungan suci seperti itu sebelumnya. “Aku terkejut saat aku melihat hamparan hijau dari kastil, tetapi tak habis pikir itu akan menjangkau sampai ke perbatasan kadipaten…”

Kami mendarat di gerbang perbatasan dan mengamati perbatasan, yang sekarang berdiri sebagai bukti kekuatan suci dewa-dewa. Tidak seperti gerbang ke Frenbeltag atau Zausenga lama, gerbang ke Klassenberg tetap tertutup rapat dan tidak ada ksatria yang ditempatkan di sana. Di sisi Haldenzel, ada ruang terbuka bagi para pemburu untuk mendirikan kemah dan gudang kecil yang menyimpan kayu bakar.

“Lord Karstedt, haruskah kita beristirahat?” tanyaku. “Kita datang ke sini tanpa jeda, berburu feybeast di sepanjang jalan, dan ada kayu bakar yang siap.”

“Ide bagus. Ini sedikit lebih awal, tapi kita harus makan siang selagi tidak ada feybeast. Kalian, persiapkan.”

Para ksatria turun dari highbeast dan melakukan perintah, menyalakan api dan air mendidih untuk melunakkan ransum mereka. Lord Karstedt dan aku duduk di bebatuan terdekat dan melihat mereka bekerja. Di belakang mereka ada gerbang perbatasan yang tertutup.

Aku ingin tahu apakah mereka akan membukanya sekarang… Beberapa siswa menyebutkan bahwa aub telah menerima banyak permintaan bisnis dari kadipaten lain selama Turnamen Antar Kadipaten, dan menolak permintaan dari Klassenberg bukanlah pilihan.

“Lord Karstedt.” Aku melemparkan alat sihir peredam suara padanya, yang dengan mudah dia tangkap dan dia pegang dengan kuat. “Bagaimana kemungkinan gerbang perbatasan ini akan dibuka?” Dia mengawal aub hampir setiap saat, jadi aku yakin dia akan tahu sesuatu tentang masalah ini.

Lord Karstedt melirik ke gerbang dan kemudian berpikir sejenak. “Rencananya akan kami buka secepatnya. Begitu itu terjadi dan pedagang mulai bepergian, Haldenzel akan mendapat banyak keuntungan.”

Mau tak mau aku mengerutkan alis; kedengarannya seolah-olah mereka berpikir kami harus berterima kasih untuk itu. Aspek penting dari diplomasi antar kadipaten adalah memastikan bahwa setiap pedagang yang bepergian antar kedua kadipaten benar-benar aman saat menindaklanjuti kesepakatan bisnis; itu adalah masalah yang sama sekali berbeda dari pedagang keliling yang berkeliaran tanpa berafiliasi dengan satu kadipaten tertentu. Jauh dari membawa kekayaan bagi Haldenzel, kami mungkin akan dimintai pertanggungjawaban setiap kali pedagang menjadi korban serangan feybeast.

“Negeri ini memiliki banyak feybeast,” komentarku. “Para pedagang pasti akan berada di bawah ancaman terus-menerus.”

“Itu sebabnya pemburu Haldenzel akan dipekerjakan sebagai pengawal,” jawab Lord Karstedt. “Mereka mungkin rakyat jelata, tapi mereka terbiasa menghadapi feybeast. Tidakkah kau mengatakan bahwa kalian membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk rakyat jelata, mengamankan lebih banyak uang dan makanan untuk musim dingin? Tentunya ini demi kepentingan terbaik kalian.”

Tanggapannya terdengar lebih seperti kata-kata aub daripada kata-katanya sendiri, dan hampir pasti begitu. Rasa jijik yang tak terlukiskan menggenang di dalam diriku; apa dia sadar sudah berapa lama aku menyebutkan perjuangan kami? Aku mengira Lord Karstedt dan aub telah mengirim Rozemyne ke sini karena pertimbangan, karena mereka tahu tentang kesulitan kami, tetapi ternyata tidak.

Aku membiarkan senyum berkonflik mencapai wajahku, tapi tidak lebih. “Sepertinya Dregarnuhr-mu tidak lagi terhubung, Lord Karstedt.” Aku mencari bantuan lebih dari lima tahun yang lalu, ketika Lady Veronica masih menjadi kekuatan politik dominan. Terlepas dari kenyataan bahwa sejak awal Haldenzel melihat panen yang lebih kecil dari rata-rata, dia telah menggunakan setiap opsi yang tersedia baginya untuk memutuskan koneksi kami ke Leisegang, lumbung Ehrenfest. Situasi akhirnya memburuk ke titik di mana wargaku menghadapi kelaparan, dan saat itulah aku meminta bantuan aub melalui Karstedt.

Kumohon tahan tirani Lady Veronica. Jika tidak bisa, kumohon kirimkan cawan mana kepada kami sekali lagi. Jika Kamu tidak dapat menyanggupinya, maka kumohon, setidaknya kirimkan kami makanan tambahan untuk musim dingin. Aku tidak keberatan jika Kamu hanya membeli feybeast yang kami buru untuk melemahkan Lord of Winter dengan harga yang sedikit lebih tinggi. Kumohon. Bantu kami.”

Haldenzel dan Leisegang telah membentuk ikatan tak terpisahkan dari generasi ke generasi karena Lord of Winter; Haldenzel memainkan peran penting dalam mengalahkannya setiap tahun, dan kecepatan kekalahannya sangat memengaruhi panen tahun depan. Aku mengira Lord Karstedt akan mengerti, karena istrinya berasal dari Haldenzel dan ibunya Leisegang, tetapi butuh bertahun-tahun agar permintaanku dikabulkan.

“Cawan berisi mana untuk membasahi tanah yang kering, bantuan pangan dari Leisegang setelah Lady Veronica dikurung, uang dari industri percetakan… Semua keinginanku sejak saat itu telah dikabulkan oleh Lady Rozemyne,” kataku.

Haldenzel telah berubah secara drastis selama lima tahun terakhir ini. Jika bahkan Karstedt, yang menikah dengan Elvira dan lebih dekat dengan Haldenzel daripada kebanyakan dari Area Bangsawan, tidak dapat memahami hal ini, saran dari archduke pasti tidak akan berguna bagi kami.

“Jika gerbang dibuka dan pemburu kami ditugaskan untuk menjaga pedagang yang masuk, kurasa Lord of Winter berikutnya akan jauh lebih besar daripada yang biasa Kamu lihat,” aku menimpali. “Apakah kamu dan aub berpikiran sama?”

Mengawal pedagang akan membatasi pergerakan pemburu kami dan menghabiskan waktu yang biasanya mereka habiskan untuk berburu feybeast di seluruh Haldenzel. Ini berarti Lord of Winter akan bertambah besar, yang kemudian akan memberi beban yang lebih besar pada ksatria yang bertugas memburunya. Lebih buruk lagi, jika itu mengakibatkan tertundanya musim semi, itu akan berdampak pada setiap panen di kadipaten.

“Menjaga pedagang dari kadipaten lain atau berburu feybeast di musim panas—aku ingin archduke mempertimbangkan dengan hati-hati mana yang diutamakan sebelum gerbang perbatasan dibuka. Aku sangat yakin dia tidak akan menyalahkan Haldenzel atas konsekuensi dari keputusan apa pun yang dia ambil seperti yang pernah Lady Veronica lakukan.”

Meskipun aku berbicara sambil tersenyum, tidak ada kebenaran dalam kata-kataku; Aku sama sekali tidak memiliki kepercayaan pada archduke. Jika yang dia pilih nanti mengakibatkan ketidaknyamanan, dia pasti akan melimpahkan semua kesalahan ke Haldenzel. Itu tepatnya mengapa aku perlu menekankan posisiku dan menyusun strategi untuk menghindari skenario terburuk. Begitulah tugasku sebagai giebe.

“Tahun ini, aku ingin mengerahkan segalanya untuk memahami pengaruh ritual. Menambahkan pembukaan gerbang ke perubahan cuaca yang tiba-tiba ini hanya akan memperumit upaya ini, akan tetapi jika Kamu mengetahui seseorang yang mungkin dapat menjawab pertanyaan kami saat ini, aku akan sangat ingin mendengar sarannya,” lanjutku. Meskipun aku berbicara dengan eufemisme, poinku lebih dari jelas: tidak mungkin untuk mengatakan apakah Haldenzel dapat menangani beban kerja yang akan datang dengan membuka gerbang perbatasan, dan jika aub berpikir sebaliknya, aku ingin mendengar alasannya. “Aku hanya bisa berdoa agar Dregarnuhr aub tidak juga menahannya lima tahun yang lalu.”

Saat itulah seorang ksatria datang untuk melaporkan bahwa air mulai mendidih. Lord Karstedt dan aku menaruh ransum kami di mangkuk dan kemudian menyerahkannya. Mereka segera kembali, air panas telah membuat makanan menjadi matang.

Ini sedikit asin…

Kesan pertamaku tidak positif, tapi aku tetap makan. Makanan yang dimakan di Haldenzel cenderung ke arah rasa yang sedikit berbeda dari makanan Area Bangsawan, dan mengeluhkan ransum sederhana yang dibawa ksatria tidak ada artinya ketika tidak ada alternatif. Ransum mudah dibawa dan cukup untuk mengisi perut seseorang, tetapi bukan sesuatu yang dimakan karena rasanya.

Saat kami makan dalam diam, Lord Karstedt mengambil alat sihir peredam suara dan melihat ke arahku. Sepertinya dia ingin mengatakan sesuatu, jadi aku menggenggam alat sihir di tangan yang kugunakan untuk memegang mangkukku.

“Saat ini, pedagang memiliki dua pilihan aman: melalui gerbang perbatasan Zausenga lama atau Frenbeltag. Aku akan menyarankan aub untuk tidak membuka gerbang perbatasan ini kecuali Klassenberg menuntutnya. Aku kira ada banyak feybeast di pihak mereka,” katanya.

Diketahui bahwa Klassenberg menginvestasikan sedikit sumber daya untuk berburu feybeast di kota-kota perbatasan mereka, yang berarti relatif umum bagi feybeast untuk melintasi penghalang. Kadang-kadang, archduke bahkan akan mengirimi kami peringatan darurat bahwa feybeast yang sangat kuat telah memasuki wilayah kami.

“Klassenberg juga perlu menyesuaikan diri sebelum pedagang diizinkan lewat. Aku tidak tahu seberapa cepat kadipaten besar dapat mengambil tindakan dalam masalah seperti ini, akan tetapi aku berasumsi mereka tidak ingin pedagang melewatinya musim panas ini,” Lord Karstedt melanjutkan. Dia mengidentifikasi bahwa jalan telah menyempit karena jarang digunakan, dan hanya ada sedikit kota atau kota kecil di sepanjang jalan yang dapat pedagang gunakan sebagai tempat istirahat. “Artinya, jika berita tentang ritual ini menyebar dan kamu sendiri mulai mempercepat kedatangan musim semi, harusnya ada kota-kota di sekitar sini dalam waktu lima tahun.”

Waktu lima tahun? Fakta bahwa Lord Karstedt bisa mengabaikan masalah langsung untuk fokus pada masa depan yang jauh membuatnya tampak cukup optimis, tapi itu yang diharapkan dari seseorang dari Area Bangsawan. Aku telah merasakan lingkungan yang keras ini sepanjang hidupku dan tidak berbagi optimismenya sedikit pun.

“Salju tebal menghilang dari semua dataran, hutan, dan gunung dalam satu malam,” kataku, “namun tidak ada banjir. Ke mana semua airnya pergi? Apakah ada risiko bahwa sinar matahari musim panas dapat menyebabkan kekeringan? Akankah feybeast berkembang biak dan tumbuh lebih cepat dari sebelumnya? Dan kapan akhir musim gugur akan datang sekarang karena musim semi telah dimulai secepat ini? Ada terlalu banyak pertanyaan yang belum terjawab bagiku untuk mulai merencanakan lima tahun ke depan.” Harapannya tidak masuk akal ketika memahami situasi kami saat ini akan membutuhkan begitu banyak waktu dan pengamatan.

“Itu ritual yang mencairkan salju; Aku ragu Kamu akan menghadapi masalah terkait air,” jawab Karstedt. “Apa kau sudah menyelidiki masa lalu provinsimu untuk memeriksa bagaimana ini ditangani saat ritual dilakukan dengan benar?”

“Dugaan kami detail ritual itu berubah ketika leluhur kami dipercayakan dengan posisi giebe.”

Kira-kira dua ratus tahun telah berlalu sejak Eisenreich dihancurkan karena pengkhianatan terhadap raja. Ehrenfest lahir dari abunya, dan begitu raja menarik ulang garis pembatas dan menggantikan archduke, aub baru menugaskan giebe untuk mengawasi tanah itu. Tentu saja, keputusan dilakukan secara berbeda dari era Eisenreich, karena Aub Ehrenfest berusaha menghindari kemungkinan asosiasi dengan kadipaten yang jatuh.

Leluhurku telah dipercaya dengan posisi giebe ketika Ehrenfest didirikan, dan masuk akal untuk berasumsi bahwa mereka telah mencoba menjauhkan diri dari Eisenreich dengan cara yang sama. Bahkan mungkin saja, dalam tindakan pembangkangan kecil, rakyat jelata telah gagal mengajari giebe baru mereka metode yang tepat untuk melakukan ritual. Bagi kita di masa sekarang, tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti apa yang telah terjadi; ada catatan tentang leluhurku yang berjuang untuk beradaptasi dengan Haldenzel tetapi tidak ada catatan sebelumnya.

“Aku ingin aub memeriksa kastil untuk mencari catatan dari era Eisenreich, khususnya yang mungkin mencakup ritual itu,” kataku.

“Aku akan memintanya, akan tetapi dia sibuk mempersiapkan Konferensi Archduke, jadi kemungkinan besar kamu harus menunggu sampai setelah itu selesai. Artinya… mungkin masih ada catatan di gereja,” saran Karstedt. Tampaknya mungkin, tetapi kemudian aku mengingat apa yang dikatakan Lady Rozemyne.

“Menurut Lady Rozemyne, ritual itu hanya dijelaskan di Alkitab Uskup Agung, yang berisi lirik yang benar dan beberapa gambar,” aku menjelaskan. “Yang artinya, bahkan baginya kedatangan musim semi secara mendadak merupakan kejutan.” Dia memperhatikan bahwa upacara kami dan lirik yang kami nyanyikan berbeda dari apa yang tertuang dalam Alkitab, tetapi dia tampaknya sama sekali tidak mengetahui detail upacara tersebut.

“Aku tahu. Rozemyne rupanya sangat takut pada guntur sampai-sampai dia tidak bisa tidur. Elvira menyebutkan menerima laporan semacam itu dari pelayannya,” kata Lord Karstedt sambil tertawa, lalu memintaku untuk merahasiakan ini untuk menjaga kehormatan Lady Rozemyne. Aku mendapati berita ini aneh, paling tidak; fakta bahwa Elvira dan Lord Karstedt telah mendiskusikan anak mereka hampir membuat mereka terdengar seperti pasangan normal.

Ketika Aub Ehrenfest terdahulu jatuh sakit dan Lady Veronica semakin mengamankan kekuasaan, Lord Karstedt mengambil salah satu pengikutnya sebagai istri kedua dan bangsawan dari faksi Veronica sebagai istri ketiga. Sebagai istri pertamanya, Elvira merasa sangat sedih karena Lord Karstedt mengabaikannya saat dia menjadi sepenuhnya setia kepada istri barunya, dan segera, dia berhenti berbicara tentangnya sepenuhnya ketika kami mengunjungi Area Bangsawan untuk bersosialisasi musim dingin dan Starbinding musim panas. Jelas bahwa dia bukan tokoh penting dalam kehidupan sehari-harinya, karena dia akan membicarakan anak-anaknya yang sedang tumbuh dan tidak lebih.

Sejak kapan ini berubah…?

Aku menatap Lord Karstedt, yang sedang menghabiskan sisa ransumnya. Hanya ada satu penjelasan yang mungkin: Elvira telah menemukan kesempatan baru dalam hidup sambil mengasuh Lady Rozemyne sebagai anaknya sendiri. Perubahan ini tidak terjadi hanya karena dia menemukan hobi baru dalam menulis buku atau karena dia mengudara untuk acara formal yaitu Doa Musim Semi; hubungan adikku dengan suaminya telah membaik dalam arti yang sebenarnya.

“Omong-omong, Lord Karstedt… Kudengar kau membual tentang istrimu kepada Lady Rozemyne.”

“Nguh…!” Sesuatu terbang dari mulut Karstedt saat dia tiba-tiba terbatuk. Para pengawal di sekitar kami menoleh dengan terkejut saat dia mencoba menenangkan diri dengan menutup mulutnya dengan tangan.

Hm… Kurasa itu benar, kalau begitu.

Dia telah memberi tahu Lady Rozemyne untuk diam tentang hal itu di Doa Musim Semi tetapi tidak menyangkal kata-kata itu sendiri. Ini bahkan mengejutkan Elvira; meski dia menggodanya dengan ekspresi paling tenang yang bisa dia lakukan, dia berkedip lebih cepat dari biasanya.

“Lord Claudio,” kata Lord Karstedt begitu batuknya mereda, menatapku dengan tatapan tajam saat dia menyesap botol airnya. Dia terlempar lebih dari yang aku harapkan; sudah berapa lama sejak terakhir kali dia memanggilku dengan nama? Sebagai komandan ksatria, dia biasanya berdiri di belakang archduke selama sosialisasi musim dingin dan Upacara Starbind musim panas. Pertukaran informasi keluarga kami umumnya dilakukan melalui Elvira, artinya kami jarang berbicara langsung seperti ini.

“Bukankah seharusnya kamu menyampaikan kata-kata pujianmu langsung ke Elvira, bukan ke Lady Rozemyne?” Aku bertanya.

“Aku hargai saran perhatianmu,” balas Lord Karstedt. Ada sedikit perlawanan di mata biru esnya yang membuatku teringat jauh dimasa lalu, saat dia mengomelkan tentang pertunangan yang diatur oleh orang tuanya.

“Aku tersadar sudah cukup lama sejak Kamu dan aku berbicara sebagai diri kita sendiri, tidak terbebani oleh posisi kita masing-masing sebagai komandan ksatria dan giebe. Apakah ada sesuatu yang ingin Kamu katakan atau tanyakan kepadaku, Lord Karstedt? Aku yakin kesempatan seperti ini tidak akan datang lagi dalam waktu dekat.”

Aku telah menyatakan permintaanku sebagai Giebe Haldenzel dan memberikan saran sebagai kakak Elvira; tidak ada lagi yang ingin ku katakan. Lord Karstedt, apapun itu, tidak mengungkit apapun. Dia mulai memikirkan pertanyaanku. Kerutan keras di wajahnya memberi tahuku bahwa dia akan memakan waktu cukup lama, jadi aku membersihkan mangkuk dan semacamnya. Setelah selesai, aku melirik untuk melihat bahwa dia perlahan-lahan membelai kumisnya.

“Yah… Bagaimana pendapatmu tentang pertunangan Rozemyne?” Dia bertanya.

“Aku penasaran, karena kamu lebih lembut pada Lord Wilfried dan Lady Charlotte dari perkiraanku.”

“Apakah Kamu menanyakan pendapatku sebagai Giebe Haldenzel atau pendapat pribadiku sebagai Claudio?” Aku menjawab sambil tersenyum, membalas pertanyaannya dengan pertanyaanku sendiri.

Sekali lagi, Lord Karstedt berhenti sejenak, memikirkan jawaban. “Ini akan menjadi satu-satunya kesempatan kita untuk berbicara, jadi aku ingin mendengar pendapat kalian berdua,” katanya. “Kamu tidak perlu khawatir untuk bersikap sopan; Aku ingin mendengar pendapatmu yang sebenarnya.”

“Sebagai giebe, aku menginginkan kandidat paling kompeten yang menjadi aub berikutnya. Aku akan lebih bersyukur jika sang aub adalah keluarga. Menurut pendapat jujurku bahwa Lady Rozemyne adalah pilihan yang paling cocok, mengingat dia meraih posisi siswa teratas di kelas Akademi Kerajaan meskipun disibukkan dengan tugas-tugas Uskup Agung dan memperkenalkan berbagai industri yang menguntungkan ke kadipaten.”

Untuk menghadiri Akademi Kerajaan, seseorang perlu menyimpan mana di feystone yang kemudian akan mereka pakai di kelas. Namun, Lady Rozemyne berpartisipasi dalam ritual keagamaan dan bahkan meminjamkan feystone yang diisi dengan mana kepada pendeta biru. Bahkan Lord Wilfried dan Lady Charlotte menggunakan feystone yang dia berikan untuk Doa Musim Semi, jadi mudah untuk melihat bahwa dia memiliki keunikan di antara semua kandidat archduke.

“Dan dengan demikian, aku sangat kecewa bahwa pertunangan ini akan mencegahnya menjadi aub berikutnya,” aku melanjutkan. “Aku berasumsi pemikiran ini dimiliki oleh Leisegang dan semua bangsawan yang mendukung Lady Rozemyne.”

“Kandidat yang paling kompeten, hm…? Yah, kurasa Kamu akan berpikir bahwa jika Kamu melihat nilainya secara berbeda,” gumam Lord Karstedt, mengangguk dengan cara yang menunjukkan bahwa dia tidak sepenuhnya sependapat dengan apa yang baru saja dia dengar. Aku mengangkat alis, mendorongnya untuk melanjutkan, akan tetapi dia tidak menjelaskan lebih lanjut.

“Aku merasa tidak beruntung,” kataku, “tetapi sebagai Giebe Haldenzel, aku juga mengerti bahwa itu adalah nilai yang wajar.”

“Oh?”

“Aku tahu Rozemyne bukanlah putri Elvira sendiri. Sejujurnya, ketika aku mendengar bahwa adikku akan melakukan pembaptisan, aku meragukan telingaku. Pikiran tentang ketidaksetiaanmu membuatku marah.”

Sebagai kakak sedarah Elvira, aku melihat Cornelius dan semua putranya saat mereka masih bayi. Fakta bahwa aku belum pernah melihat Lady Rozemyne sekali pun sebelum pembaptisannya sudah cukup bagiku untuk mengetahui bahwa dia bukan putri adikku. Mungkin saja dia adalah putri dari istri ketiga Lord Karstedt, mengingat usianya, tetapi asal usulnya yang sebenarnya sepenuhnya tidak diketahui.

“Mencoba menetapkan aub yang tidak memiliki ikatan darah dari ibu yang sama sangatlah berbahaya,” aku menjelaskan. “Tetap saja, jika Lady Rozemyne lebih prima, aku akan setuju dengan posisi Leisegang bahwa dia harus menjadi archduke berikutnya dengan Wilfried sebagai mempelai prianya.”

Lady Rozemyne sangat lemah dan sakit-sakitan sehingga bahkan tidak diketahui pasti apakah dia mampu melahirkan keturunan. Archduchess yang berkuasa dalam situasi seperti itu biasanya digantikan oleh saudara laki-laki dari ibu yang sama atau anak-anaknya karena kapasitas mana mereka yang serupa, dan itulah masalahnya—keluarga archduke ini tidak berasal dari ibu yang sama.

Bangsawan dari faksi Leisegang berpikir bahwa Lady Rozemyne adalah putri Elvira dan oleh karena itu anak-anak Bonifatius dapat memberi dukungan jika diperlukan, tetapi tidak demikian halnya. Jika dia memang putri dari istri ketiga, maka kerabat sedarahnya adalah Joisontaks—yaitu, keluarga yang telah dihancurkan dan anggotanya dieksekusi karena menyerang keluarga archduke.

“Dalam arti dia tidak memiliki kerabat seibu, aku anggap Lord Ferdinand pun serupa,” lanjutku. “Pak Tua Leisegang mendukungnya murni untuk membersihkan Ehrenfest dari darah Ahrensbach, tetapi memiliki Lord Ferdinand dan Lady Rozemyne sebagai suami-istri archduke akan menimbulkan risiko yang terlalu besar. Mereka pada akhirnya harus memilih penerus, dan jika dia pada akhirnya tidak dapat melahirkan keturunan, akan ada tragedi yang tak terhindarkan dan bahkan perang.”

Karena alasan itu, tidak ada salahnya menjadikan Lord Wilfried sebagai archduke berikutnya dengan Lady Rozemyne sebagai istri pertamanya.

“Kalau begitu, Lord Claudio, bagaimana pendapat pribadimu?”

“Aku pikir itu tergantung pada Lady Rozemyne. Yang penting bagiku sebagai individu adalah bagaimana pendapatnya tentang pertunangan ini dan apakah archduke memaksanya untuk melakukannya.”

Bagaimana hubungan persaudarannya dengan Lord Wilfried dan Lady Charlotte? Apakah dia berniat berdiri di atas Lord Wilfried? Apakah dia menentang pertunangan itu? Itu pertanyaan-pertanyaan yang sempat terngiang di benakku. Aku telah membuat beberapa pernyataan menyelidik saat menuntunnya ke tempat duduk, tetapi dia telah menunjukkan niatnya untuk mendukung calon suaminya. Lebih jauh lagi, meskipun aku mengira archduke telah memaksa tugas gereja secara eksklusif pada putri angkatnya, pada kenyataannya, anak-anaknya kandungnya berpartisipasi dalam Doa Musim Semi juga. Aku melihat Lord Wilfried dan Lady Charlotte menunjukkan rasa hormat yang jelas kepada saudara perempuan mereka.

“Jika memang begitu,” aku melanjutkan, “Aku tidak merasakan indikasi bahwa dia tidak setuju atau tidak menyukai Lord Wilfried. Lord Wilfried juga tidak sebodoh yang aku yakini. Dia mengerti bahwa mana dan upacara keagamaan berhubungan dengan panen. Selama dia terus merangkul sifat luar biasa Lady Rozemyne dan kuantitas mana dan terus mendukung, kurasa dia akan baik-baik saja sebagai archduke berikutnya.”

Tentu saja, karena Lord Wilfried sudah memiliki noda pada reputasinya, dia akan membutuhkan usaha keras untuk diterima sebagai archduke berikutnya. Itu adalah tugas yang akan memakan waktu cukup lama, tetapi aku tidak menganggapnya mustahil.

“Sifat luar biasa Rozemyne…? Hm. Beberapa orang tampaknya mengomentari hal itu. Sebaliknya, mereka hanya fokus pada betapa luar biasa kompetennya dia,” kata Lord Karstedt, terdengar sedikit terkejut.

“Itu pasti karena dia dibesarkan di gereja. Aku bisa merasakan perasaannya terhadap dewa, dan pendekatannya terhadap ritual memang sangat luar biasa. Hampir seolah-olah dia memiliki perspektif yang secara fundamental berbeda dari kami sendiri.”

Setelah melihat semua salju menghilang dalam semalam, dia baru saja berkomentar bahwa dewa-dewi melakukan pekerjaan dengan baik, seolah-olah sama sekali tidak ada hal luar biasa yang terjadi. Apakah ketidakpedulian ini berasal dari semangat tangguh atau keyakinannya yang ekstrem pada para dewa, aku tidak tahu, tetapi tidak dapat disangkal bahwa dia tidak normal.

“Jika kita terus memanggil musim semi lebih awal dengan melakukan Doa Musim Semi ini setiap tahun, perspektif Lady Rozemyne akan menjadi penting,” lanjutku. “Budaya mungkin bergeser untuk lebih fokus secara langsung pada gereja dan upacara-upacaranya yang selama ini dicibir dan dipandang rendah. Lord Wilfried perlu menunjukkan kekuatan karakter yang dibutuhkan untuk menerima perubahan besar yang akan Lady Rozemyne buat.”

“Jadi, Kau tidak secara inheren menentang pertunangan mereka … senang mendengarnya.”

“Aku juga tidak sepenuhnya senang dengan itu, tetapi jika aub mengambil keputusan untuk mempertahankan Lady Rozemyne di Ehrenfest, maka dia telah mengambil tindakan yang tepat. Kebijaksanaan dan keterampilannya melampaui usianya; dia akan dicuri oleh kadipaten peringkat atas dalam sekejap.”

Lord Karstedt mengangguk dan kemudian berdiri. “Aku akan memastikan archduke mendengar pendapatmu. Aku yakin mereka akan membesarkan hatinya.”

“Aku menghargai itu, tetapi aku harus memperingatkanmu, ketegangan di Ehrenfest tidak akan mereda untuk beberapa waktu. Pak Tua Leisegang dan keluarganya tidak akan pernah setuju dengan keinginan dan tindakan aub. Kamu memiliki ibu Leisegang; apakah Kamu pikir Kamu bisa memperkuat ikatanmu dengan keluargamu dan menahannya?” tanyaku, memperhatikan Lord Karstedt saat dia memakai waschen untuk membersihkan mangkuk dan semacamnya. Dia mencari kata-kata sebelum akhirnya menggelengkan kepala.

“Aku adalah komandan ksatria. Tugasku adalah melindungi archduke, bukan mengatur politik faksi. Dan sebagai ayah Rozemyne, aku tidak akan sebodoh itu untuk secara pribadi mendekati faksi Leisegang di masa-masa sensitif ini.”

“Aku mengerti. Jadi ini adalah kesulitan yang akan Elvira hadapi sendirian.”

“Melindungi kadipaten dan aub adalah prioritas utamaku. Keluarga harus jadi yang kedua. Elvira memahami hal ini, dan sebagai wanita Haldenzel, dia lebih dari mampu bertahan dalam pertarungan ini sendirian jika diperlukan. Dia memiliki kualitas langka yang membuatnya lebih cocok untuk menjadi istri pertama seorang komandan ksatria daripada yang lain… meski aku baru menyadarinya setelah Rozemyne memperlihatkannya.”

“Oh…? Dan setelah kesadaran tiba-tiba inilah Kamu mulai membual tentang istrimu kepada Lady Rozemyne, kurasa.”

Lord Karstedt memelototiku sebelum melemparkan kembali alat sihir peredam suara. Sepertinya istirahat kami sudah selesai. Mau tak mau aku tertawa kecil saat aku meletakkan kembali alat-alat sihir itu ke dalam kantong kulit, mencerminkan bahwa kali ini terbukti lebih produktif dari yang kuduga. Senang melihat pernikahan adikku telah berkembang menjadi sesuatu yang sangat mengharukan.

“Sekarang aku akan mengumpulkan buah blenru,” kataku. “Itu cukup berharga sehingga hanya orang Haldenzel yang diizinkan untuk mengumpulkannya, dan karena alasan itu, siapa pun di antara kalian yang mencoba memburu beberapa buah itu akan dibunuh saat terlihat. Kalian para ksatria bisa beristirahat di sini dan menunggu pengumpulan selesai.” Setelah memastikan ancamanku dimengerti, aku memanggil highbeast. Rencanaku adalah memberikan buah kepada Lady Rozemyne, untuk menyatakan bahwa Haldenzel berhutang budi, dan kepada Lord Wilfried dan Lady Charlotte, untuk mengungkapkan rasa hormat kami kepada keluarga archduke saat ini. “Nah, Lord Karstedt. Bisa kita berangkat?”

“Oh? Apa aku dianggap sebagai Haldenzel?” Lord Karstedt bertanya. Dia pergi untuk duduk kembali di batu tempat dia makan siang, tetapi sekarang membeku dalam posisi jongkok, menatapku dengan sangat terkejut.

Aku membalas tatapan terkejut yang serupa. “Apakah kamu bukan suami Elvira dan ayah Lady Rozemyne?” tanyaku, mendesaknya sambil tersenyum.

“Itu akan menjadi suatu kehormatan.” Lord Karstedt mengeluarkan dan kemudian menaiki highbeastnya sendiri, dan bersama-sama kami menuju ke feyplant blenru terdekat. “Apa yang Kamu rencanakan, Lord Claudio? Mengingat bagaimana aku telah diperlakukan di Haldenzel, aku hampir tidak berpikir aku dianggap sebagai keluarga.”

“Kami hanya tidak menyukaimu karena mengabaikan Elvira. Kamu tetaplah keluarga. Aku tidak akan mengizinkanmu untuk berbalik.”

“Begitu, tapi alasanmu yang sebenarnya adalah kamu butuh bantuan, karena mengumpulkan buah untuk tiga orang terlalu berlebihan untuk kamu lakukan sendiri. Apakah aku benar dalam asumsi itu? Kamu membuat wajah yang sama seperti yang selalu Elvira perlihatkan saat alasan sebenarnya berbeda dari apa yang dia katakan.”

Dia memang benar; sepertinya Lord Karstedt benar-benar memperhatikan Elvira. Itu perkembangan yang mengejutkan yang membuatku mengevaluasi ulang bagaimana aku memandangnya, akan tetapi hanya sedikit. Dia telah bertahun-tahun mengabaikan adikku. Aku ingin dia terus memperlakukannya lebih baik.

“Tepat di sisi lain dari batu ini,” kataku. “Kita akan menempatkan highbeasts di sini. Juga, pegang ini. ”

Kami melindungi beberapa pohon blenru berharga yang kami miliki menggunakan penghalang, yang menyelamatkan mereka dari dihancurkan feybeast atau dijarah oleh orang luar. Hanya orang-orang yang memegang segel waegaku yang dapat melewatinya. Aku memberikan satu segel seperti itu kepada Lord Karstedt, melewati penghalang itu sendiri, dan kemudian mengitari batu besar itu. Di sana berdiri sebatang pohon blenrus keemasan, dengan selusin buah tergantung di cabang-cabangnya. Dan pada dasarnya, aku melihat sesuatu yang luar biasa.

“Blenru-nya bertunas…?”

Di depan mataku terdapat beberapa tunas, semuanya berkilau seperti emas cerah. Aku menelan ludah, tidak percaya dengan apa yang kulihat. Itu tidak mungkin. Belum pernah aku melihat tunas blenru, meski lahir dan besar di Haldenzel. Justru karena feyplant blenru baru tidak pernah tumbuh sehingga kami melindunginya dengan penghalang ekstra kuat. Kami telah berusaha mengubur buah mereka di dalam tanah, menaburkan benih, dan bahkan mencangkok, namun semua usaha kami sia-sia. Namun, tunas emas di depan mataku adalah pohon blenru baru, seperti yang dikonfirmasi oleh warna dan bentuk daunnya. Ini juga tidak diragukan lagi merupakan keajaiban dari sang dewi, yang dibawakan oleh Doa Musim Semi.

“Lord Claudio, apa ada yang aneh?”

“Sebuah keajaiban telah terjadi di Haldenzel…”

Aku bisa merasakan kehangatan membuncah di dadaku. Angin sepoi-sepoi memberi tahuku tentang awal era baru, dan hatiku bergetar karena emosi ketika aku menyadari bahwa aku sedang menapaki momen bersejarah saat Haldenzel akan berubah selamanya. Aku kembali menelan ludah, tapi kali ini, air mata bahagia mulai menggenang di mataku.

Kami akan terus melakukan Doa Musim Semi.

Itu adalah upacara intensif mana yang memberikan beban berat pada para wanita di provinsi kami, tetapi Lady Rozemyne telah memberi tahuku bahwa ada cara bagi pria untuk ikut membantu. Sebagai giebe, aku perlu memastikan bahwa Doa Musim Semi yang melahirkan keajaiban akan terus berlanjut. Aku perlu membawa kekayaan asli kembali ke Haldenzel.

Aku meraih buah blenrus, berhati-hati agar tidak menginjak tunas. Rencana awalku adalah memilih satu buah untuk masing-masing ketiga anak itu, tetapi aku memutuskan dua buah. Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Lady Rozemyne, yang telah menghidupkan keajaiban yang sangat menakjubkan.

“Puji dewa. Hidup para dewa…”

Di hari itulah aku melakukan sesuatu yang belum pernah aku lakukan sebelumnya—aku berdoa kepada para dewa dari lubuk hatiku yang paling dalam.

Tinggalkan komentar